Tuesday 22 September 2015


       Apakah kamu sering mempertanyakan kemampuan atau menilai diri sebagai seseorang? Jika iya, kamu mungkin tengah mengalami rendah self esteem.
Ada banyak orang yang tidak menyadari potensi dirinya dan mungkin kamu salah satunya, alih-aliah memfungsikan dengan cara yang produktif, kamu sibuk memperingatkan diri sendiri betapa sia-sianya dan tertekan hidup seperti ini.
      self esteem menunjukan berapa banyak orang yang mencintai, percaya, dan bangga pada diri sendiri. Untuk beberapa alasan, beberapa orang melihat kehidupan dalam dua dimensi cara dan memiliki kesulitan menemukan kembali kualtas dalam diri mereka, dan dalam beberapa kasus lain, kehidupan menjadi tidak berarti..
      Sebagian besar orang meragukan diri sendiri dalam aspek tertentu dari kehidupan mereka. Misalnya, mereka yang kurang percaya diri dalam penampilan, mungkin akan sulit bertahan dalam kehidupan sosial. Rendahnya self esteem dapat diakibatkan dari berbagai keadaan. Dalam konteks sosial, kamu mungkin berhubungan dengan sekelompok orang yang terus-menerus merendahkanmu. Karena ada banyak factor pemicu self esteem yang rendah, sebenarnya setiap orang cenderung merasa ragu terhadap dirinya sendiri, meskipun beberapa situasi lebih bahaya dibandingkan yang lain.
Meningkatkan sel esteem
Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Ingat bahwa semua orang berbeda, jika kamu mulai membuat perbandingan dengan setiap orang, kamu akan menyiksa dirimu sendiri dan tidak ingin melakukan sesuatu dalam proses
Berhenti merendahkan diri sendiri
Cobalah mengenal nilai-nilai positif diri sendiri sebagai seorang individu. Kamu sangat istimewa dan kamu perlu menyadari hal itu. Jika kamu belum menemukan sesuatu yang menarik dlam dirimu, coba usahakanlah terus. Yakinlah bahwa banyak orang di luar sana yan akan menyukaimu, karena kamu memiliki daya Tarik tersendiri.
Buatlah daftar kelebihanmu dan cobalah untuk merealisasikannya
Fokuskan pada sesuatu yang membuatmu jdi istimewa atau sesuatu yang membuat orang lain nyaman bersamamu. Mungkin kamu memiliki senyum atau kemampuan yang membuat orang lain tertwa, atau mungkin kamu memiliki bakat terpendam yang tidak pernah disadari. Kembangkanlah keistimewaan tersebut.
Lebih banyak melibatkan diri
Cobalah untuk mencari hobi yang kamu sukai, bergabung dengan klub olharaga atau ikut bekerja sebagai sukarelawan, manfaatkanlah waktu yang kamu miliki dengan maksimal, lebih banyak waktu yang kamu habiskan pada sesuatu terutama untuk hal-hal yang dapat menstimulus dirimu. Dengan begitu, akan semakin sedikit waktu untuk merendahkan diri sendiri.
Cari lingkungan positif
Mungkin ada diantara yang tinggal dilingkungan kurang baik dan tidak kondusif. Tentu hal itu akan sangat berpengaruh pada dirimu. Jika kamu sadar dan ingin berubah, cobalah untuk bergaul dan mencari lingkungan lain yang lebih baik sehingga dapat membuatmu bahagia, dan yang terpenting adalah meningkatkan rasa percaya dirimu serta semangat hidup.

0 komentar:

Post a Comment