Tuesday 22 September 2015


      Cobalah sejenak kamu pikirkan tentang hal-hal yang dilakukan saat bangun tidur pada pagi hari. Pertama, bulah matamu, bernapaslah dengan teratur, tegangkanlah otot-ototmu, kemudian bangkit berdiri dan berjalanlah, setelah itu makan dan kenakanlah pakaianmu. Selanjutnya kamu dapat berbicara degan orang-orang yang ada disekitarmu dan mendengarkan apa yang mereka katakana padamu. Kemudian, pergilah ke luar atau lihatlah ke luar jendela, saat itu langit biru cerah. Mungkin juga kamu dapat mendengar nyanyian burung yang beterbangan di luar jendela, indah sekali ketika kamu melihat sehelai daun yang jatuh, tampkahlah buagnya yang ranum dipohon. Kamu merasakan kehangatan matahari dan embusan angina menerpa wajahmu. 
     Ada banyak orang dijalan, sedang berjalan kaki ataupun mencoba menuju ke suatu tempat. Singkatnya, satu lagi lembaran hari mulai bergulir di hadapanmu. Apa yang kamu lhat dan dengar hanyalah hal yang biasa terjadi sehingga kamu tidak merasa perlu berpikir secara sadar dan penuh perenungan tentang semua itu. Sekarang, cobalah berpikir dengan cara lain. Anggaplah kamu selama ini tinggal dalam sebuah ruangan sejak kamu lahir. 
        Ruangan ini benar-benar kosong dan tertutup, sampai-sampai tidak ada satu jendela kecil pun untuk melihat keluar. Kamar ini hanya dilengkapi dengan sejumlah kecil perabotan sederhana dan makanan yang hanya cukup untuk kebutuhan dasar kamu saja. Mari kita anggap tidak ada peralatan komunikasi apa pun di kamar itu, seprti telepon, radio, atau televise, yang memungkinkan kamu menerima informasi dari dunia luar. Pendek kata, kamu diisolasi.  
     Kemudian bayangkan setelah bertahun-tahun kemudian, kamu dibawa keluar dari ruangan tersebut, dan kamu melihat dunia luar untuk kali pertama. Luasna pemandangan yang sampai ke matamu, adanya cahaya, kehangatan sinar matahari yang menerpa wajahmu, warna langit yang biru cerah dan awan yang putih murni semua ini tentu akan membuat kamu tepesona.
Kamu juga dapat menikmati keindahan lain seperti
·         Kelap-kelip bintang yang mncul dilangit malam hari
·         Pegunungan yang menjulang tinggi ke langit dengan segala keperkasaaanya.
·         Sungai yang indah memukau setiap manusia, danau dan lautan
·         Hujan deras yang menimbulkan kehidupan di bumi
·         Pepohonan hijau, bunga bereneka warna dengan harumnya yang semerbak.
·         Buah-buahan yang memberikan rasa yang khas dan berbeda-beda.
·         Kucing, harimau, anjing, kelinci, dan rusa, yang membangkitkan belas kasih dan rasa haru kita
·         Kupu-kupu dengan warna yang mempesona dan daya Tarik yang berseni indah.
·         Burung-burung dan makhluk bawah laut.
      Saat kamu menyaksikan itu, pasti terpesona. Setiap hal baru yang kamu lihat dan setiap penggalan informasi yang kamu pelajari membangkitkan gairah baru dalam dirimu. Kamu mencoba mempelajari sebab-musabab da nasal-usul segala sesuatu. Kamu pun belajar bahwa setiap tambahan pengetahuan yang didapatkan menjadikan kamu semakin mampu memahami keagungan ini.
Selain itu, saat kamu menyadari bahwa apa yang telah kamu pelajari hanya merupakan sebagian kecil saja dari seluk-beluk kehidupan ini kamu juga akan tahu bahwa ada mahkluk yang tidak dapat kamu lihat dan ada suara-suara yang tidak dapat kamu dengar. Itu semua akan menimbulkan rasa takjub dalam dirimu.

0 komentar:

Post a Comment