Monday 28 September 2015


1.       Banyak membaca dan terus memperluas wawasan
Tengoklah mereka uang terkenal karena kesuksesannya dan jadikan mereka sebgai sumber inspirasi. Banyak tokoh sukses yang membukukan lika-liku perjuangan mereka menuju keberhasilan demi kemaslahatan orang banyak. Maka janga segan untuk membaca karya-karya biografi yang mengangkat figure berprestasi seperti mantan CEO general electric yang legendaris jack welch, pakar bisnis Stephen covery atau penulis kolom andal serperti Harvey Mckay. Amati terus perkembangan tren industry dengan membaca artikel bisnis di majalah khusus atau surat kabar.
Dan yang tak kalah penting membaca pula media yang mengulas hobi atau minatmu. Dengan demikian pikiran menjadi segar, karena mempelajari hal-hal baru secara kontinyu akan memperkaya pengetahuanmu sekaligus mengasah ketajaman otak. Semakin mendalam pemahamanu mengenai suatu subjek, semakin penasaran pula kamu dibuatnya.

2.       Ngobrol dengan idola
Hal yang lebih efektif dari membaca buku kisah orang-orang terkenal adalah mendengarkan sendiri kisah orang-orang disekitarmu. Baik itu seorang mentor maupun kenalan, anggota keluarga atau teman. Dan jangan ragu untuk mengajak ngobrol orang-orang yang terlebih dahulu sukses dan berhasil membuktikan prestasinya.’tak perlu malu, korek sebanyak mungkin informasi dari mereka. Kebanyakan orang senang membagikan ilmunya kepada orang lain yang membutuhkan. Apalagi kalau disuruh bicara soal diri mereka sendiri, berkut kebrhasilan-kebrhasilan yang telah mereka raih. Coba deh kamu lakukan ini secara konsisten, tahu-tahu network mu sudah akan berkembang menjadi jaringan tim sukses.

3.       The bigger picture
Hindari cara pandang yang picik, an hadapi setiap situasi yang ada di depan mata sesuai dengan porsinya masing-masing. Jangan biarkan hambatan kecil yang kamu temuai sehari-harinya menyurutkan langkahmu.
Sbagai penawarnya, cobalah renungkan kepuasan yang didapat setelah kamu dapat menyelesaikan suatu pekerjaan. Mungkinkamu tidak sadar bhwa hasil kerja kita, apapun itu psti menyentuh dan memberikan dampak bagi orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.
4.       Jangan jadikan jabatan sebagai batasan

5.       Buat daftar prestasi
Setiap orang pernah down dan butuh dibesarkan hatinya. Namun dorongan, yang paling besar datang dari dalam diri sendiri. Maka, buatlah daftar semua prestasi yang pernha diperoleh, bauk yang bersifat pribadi maupun professional, hingga kamu tahu caranya menghargai diri sendiri. Begitu hatimu merasa lebih mantap, tak perlu lagi validasi dari pihak lain. Hal ini dapat menambah rasa percaya diri yang paling efektif dalam menghalau semua keraguan.

6.       Tentang diri kamu
Galilah terus ide-ide kreatifmu atau kembangkanlah kemampuan dirimu yang belum terjamah sebelumnya dan jangan lewatkan kesempatan untuk menjawab sebuah tantangan. Keinginan untuk sukses akan menjadi baterai yan taka da habisnya dan terus menggali potensi diri mu kamu yang tak pernah terjamah sebelumnya.

7.       Penyerangan
Rutinitas dapat membuat orang bosan dan pikiran pun tumpul. Maka, hindari kemungkina terjebak rutinitas dalam siklus yang monoton. Sesuatu yang sederhana, seperti mengubah frekuensi radio yang kamu dengar setiap hari, mengganti rute perjalanan ketika pulang sekolah, atau membeli majalah baru akan menjadikan dirimu tetap fresh.

8.       Selalu tunjukan tujuan akhir dalam benakmu
Bayangan dapat mewujudkan mimpi menjadi kenyataan adalah pembakar semangat yang luar biasa. Sisihkan waktu sejenak untuk merenungkan cita-citamu dan saran apa yang akan digunakan untuk mencapainya. Buat daftar target yang hendak kamu capai.

9.       Have some fun
Cobalah cari hal-hal yang menyenangkan ketika kamu sedang menghadapi sebuah masalah. Dengan rileks dan pikiran yang tenang, masalah sesulit apa pun dapat diselsaika. Cari aspek humornya, lalu tertawalah dengan lepas. Begitu semuanya usai, manjakan diri dengan mengerjakan hal-hal yang menyenangkan hati atau meneraktir diri sendiri. Ini bisa menjadi motivasi kamu pada kali berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment