Sunday 20 September 2015


     Ada yang mengatakan tidak mengetahui kalau otak manusia terbelah dua, ada juga yang tahu kalau otak manusia terbelah dua, tapi tidak tahu fungsi belahan kiri dan belahan kanan dari otaknya. Yang lainnya tahu fungsi otak kakan namun baru fungsi kecilnya , yaitu fungsi kreatif dn seni
Dan apa umumnya mereka tidak tahu bagaimana cara merangsang otak kanannya agar berfungsi dengan baik.
     Jikalu seperti ini keadaannya di seluruh nusantara, maka anda bisa menebak, bagaimana bisa ini bisa melahirkan anak didik yang kreatif ? bagaimana bangsa ini bisa melahirkan generasi yang memiliki daya imanjinasi yang kuat? Memiliki generasi yang inovatif dan lain-lain. Yang pada akhirnya kita akan bertanya, bagaimana nasib bangsa kita ke depan?
Tahukan anda bahwa kemampuan otak kanan kita memiliki kapasitas 88-90%, sedangkan otak kiri hanya 10-20% saja. Tapi kenapa bangsa ini tidak tertarik menelusurinya ?
     Hasil penelitian mutakhir di AS menyebutkan peran logika dalam membuat orang menjadi sukses hanya 4-6%, sedangkan 94-96% adalah tanggungjawab otak kanan, yang banyak berhubungan dengan inovasi, kreativitas, intuisi, daya cipta, kejujuran, keuletan, tanggungjwab, kesungguhan, spirit, kedisiplinan, etika, empati dan lain-lain. (Media Indonesia : 16/1-06).
Mungkin ini pula yang membuat Negara barat, usia masuk sekolah dasrnya  adalah 8 tahun, itupun baru mulai belajar abjad, membaca, dan berhitung, bandingkan dengan negeri kita, baru masuk taman kanak-kanak sudah diajari baca, tulis, hitung. Lalu masuk sekolah dasar 6-7 tahun, harus sudah lancer membaca .
    Tugas otak kiri adalah : yang berhubungan dengan angka-angka, Bahasa, analisa, logika, intelektual, ilmu pengetahuan. Adapun otak kanan bertanggung jawab atas imajinasi, kreativitas, keuletan, spirit, kejujuran, keindahan dan lain-lain. Otak kanan dapat merekam dengan cepat dan tersimpan selamanya dalam memori otak. Sel-sel darah manusia dapt menjadi cadangan tempat penyimpanan memori, manakala memori otak kita penuh. Kapasitas otak kanan dalam penyimpanan memori mencapai 10 pangkat 5 juta kilometer (Super great memory : Irwan Widiatmoko ).
Otak kanan manusia memiliki gelombang, gelombang tersebut saling Tarik menarik, sehingga terjadi suatu putaran harmonis atau keseimbangan yang sempurna dan telah ditundukan oleh yang maha Kuasa. Gelombang otak manusia terdiri dari empat gelombang yaitu :
1.       Gelombang beta (14-100 Hz)
Gelombang ini menangkap yang menangkap hal-hal yang berhubungan dengan kognitif, logika, analisa, konsentrasi, pemilahan.
2.       Gelombang Alpha (8-13,9 Hz)
Gelombang ini berada di otak kanan manusia, yang merasakan tentang khusu, rilex, relaxsasi, fokus, alertness, super learning, akses nurani bawah sadar. Apabila sering dilatih akan menjadi ikhlas, nyaman, tenang santai, puas, senang dan bahagia.
3.       Gelombang Theta (4-7,9 Hz)
Gelombang ini adalah pengembangan dari gelombang Alpha, sehingga dia memasuki gelombang yang lebih dalam dari alpha, sehingga bisa merasakan lebih khusu, lebih tenang lebih integrative.
4.       Gelombang Delta (0,3-3,9 Hz)
Gelombang ini merasakan saat manusia tertidur lelap, nurani bawah sadar kolektif, tidak ada pikiran dan perasaan.

     Menurut hasil penelitian ahli neurologi bahwa, manusia lebih banyak menggunakan gelombang yang ada di otak kiri yaitu Beta dan Delta. Yaitu gelombang yang berurusan dengan logika, analisa, kognitif, lalu setelah lelah seharian menggunakan gelombang otak yang super sibuk itu, mereka kemudian mamasuki gelombang delta yaitu gelombang yang dirasakan pada saat tidur lelap karena kecapean atau kelelahan.

0 komentar:

Post a Comment