Tuesday 28 July 2015

A. Pengertian Komunikasi Bisnis

  1. Himstreet & Baty dalam Business Communications : Principles and Metods ; Komunikasi : suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa(lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku/tindakan.

  2. Bovee ; Komunikasi : suatu proses pengiriman & penerimaan pesan.

B. Peran Komunikasi Dalam Bisnis

  Komunikasi mempunyai peran yang sangat penting dan dominan di dalam segala aspek dunia bisnis .

 C. Bentuk Dasar Komunikasi


  Bentuk komunikasi secara mendasar :


  1. Komunikasi  Verbal


      Bentuk komunikasi yang disampaikan lewat tulisan atau lisan.


  Contoh : Surat-surat bisnis, laporan-laporan,rapat, dan instruksi lisan lainnya.


  2. Komunikasi  Nonverbal


      Bentuk komunikasi yang disampaikan tidak dengan tulisan dan lisan, yaitu dengan bahasa isyarat, ekspresi wajah, simbol-simbol ataupun sandi, intonasi suara dan lain sebagainya.


  Contoh : Simbol petir dicoret yang berarti hati-hati ada tegangan tinggi.

D. Bentuk Dasar Komunikasi dalam Bisnis

  Bentuk dasar komunikasi bisnis ditinjau dari isi informasi :


  1. Internal Operational


     Komunikasi dalam bisnis  yang berhubungan  dengan pekerjaan(operasional) di dalam bisnis itu sendiri.


  Contoh : Pemberian order pekerjaan bagian pabrik, laporan produksi pabrik, menulis memo bagi karyawan maupun komunikasi menggunakan jaringan komputer.


  2. External Operational


     Komunikasi dalam bisnis  yang  berhubungan dengan pihak  luar perusahaan.


  contoh : Personal selling, menelepon rekanan bisnis, mengiklankan produk, dan mengirim surat.


  3. Personal Communication


     Komunikasi yang dibangun dalam hubungan nonbisnis.


  Contoh : Bertukar informasi dan perasaan antarperson.


E. Jaringan Komunikasi dalam Organisasi 


1.Jaringan Formal


     Jaringan komunikasi dari atas ke bawah ataupun sebaliknya yang melewati jalur  formal.


  Contoh : Instruksi, memo, surat, dari pimpinan tertinggi ke bawahannnya, dan  laporan dari bawahan kepada atasannya.


2.Jaringan Informal


     Jaringan yang  berupa komunikasi personal dengan pola yang  tidak  baku.


  Contoh :  Komunikasi antarsesama pekerja pada bagian yang sama ataupun dengan pekerja bagian lain, dan komunikasi antarpimpinan bagian dengan pekerja lain.

    F. Elemen dalam Komunikasi

    Proses komunikasi adalah penyampaian informasi yang      diinginkan oleh pihak lain.

   Elemen-elemen pembentuk proses komunikasi :

  1. Orang

    Pengirim pesan/informasi (sender, encoder) dan penerima pesan (receiver, decoder).

  2. Pesan/message

  Informasi yang disampaikan oleh sender dan diterima oleh receiver, baik pesan  verbal maupun nonverbal.

  3. Channels

     Saluran/channel untuk penyampaian pesan ,melalui pendengaran (suara orang bicara), pandangan ,rasa, bau dan sentuhan.

  4. Context

    Setting(situasi, keadaan) saat terjadinya komunikasi.

  5. Feedback

    Umpan balik (feedback) dari pesan yang kita kirim.

  6. Effect

    Efek/pengaruh yang akan diterima oleh  penerima pesan, yaitu  Efek  emosional( senang, sedih), fisik(perkelahian), kognitif(bertambah pengetahuan) atau kombinasi ketiganya.

  7. Noise/interference

    Gangguan yang membuat pesan dari sender tidak sepenuhnya sampai pada receiver, yang  disebabkan oleh faktor lingkungan, kekurangjelasan pesan, ataupun kurangnya empati.




0 komentar:

Post a Comment