Tuesday 29 September 2015


      Seekor belalang telah lama terkurung dalam sebuah kotak. Sauatu hari ia berhasil keluar dari kotak yang mengurungung tersebut. Dengan gembira ia melompat-lompat menikamati kebebasannya. Di perjalanan ia bertemu dengan belalang lain. Akan tetapi, dia keheranan mengapa belalang itu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya.
      Dengan penasaran ia menghampiri belalang itu, dan bertanya “ mengapa kau bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh, padahal kita tidak jauh berbeda dari usia ataupun bentuk tubuh?” belalang itupun menjawabnya dengan pertanyaan, “dimanakah kau selama ini tinggal?” karena semua belalang yang hidup dialam bebas pasti bia melakukan seperti yang aku lakukan”. Saat itu si belalang baru tersadar bahwa selama ini kotak itulah yang membuat lompatannya tidak sejauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas.
     Kadang-kadang kita sebagai manusia, tanpa sadar, pernah juga mengalami hal yang sama dengan belalang tersebut. Pernahkah kamu mempetanyakan kepada nurani bahwa kamu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh, kalau kamu mau menyingkirkan “kotak penghalang” keberhasilanmu? Tidaklah kamu ingin membebaskan diri agar bisa mencapai sesuatu yang selama ini kamu anggap di luar batas kemampuanmu?
Beruntung sebagai manusia kita dibelaki tuhan kemampuan untuk berjuang, tidak hanya menyerah begitu saja pada yang dialami. Karena itu, teruslah berusaha mencapai apa pun yang ingin kamu capai, Sakit memang, lelah memang, tapi apabila kamu sudah di puncak, semua pengorbanan itu pasti akan terbayar.

   Agar dapat melompat lebih tinggi
Analisis diri
Coba gali kembali, apa saja yang sudah kamu lakukan. Apa saja kelebihan dan kekuranganmu. Apabila berhsil, lihatlah factor-faktor apa saja yang menyebabkan kamu berhasil. Demikian sebalinya apabila kamu gagal.
Tingkatkan kemampuan
Pacu terus kemampuan di bidang yang spesifik dengan tujuan yang ingin kamu raih. Bebrapa cara untuk meningkatkan kemampuan, di antaranya:
Belajar dari kesalahan dan pengalaman yang lalu
Mengikuti les, kursus, program bimbingan tambahan
Banyak membaca pengetahuan yang berhubungan dengan bidang tujuanmu.
Belajar dari keberhasilan orang lain yang berada disekitarmu.
Cipatakn prestasi baru
     Apabila kamu telah meraih keberhasilan dalam suatu bidang, cobalah meraih pula prestasi di bidang lain. Kamu masih belia sehingga sangat mungkin untuk terus menggali potensi-potensimu di bidang lain. Ketika kamu berhasil menjadi juara kelas, bukan mustahil kamu pun sanggup berprestasi di bidang seni dan olahraga.
Tetap aktif, jangan menunggu
Jangan menunggu orang lain memintamu untuk melakukan sesuatu. Lakukanlah dobarakan-dobrakan positif yang bisa membuat orang lain tercengang.

0 komentar:

Post a Comment