Tuesday 28 July 2015


      Semua orang tahu bahwa menggunakan bahasa Inggris adalah satu-satunya cara untuk benar-benar meningkatkan pengucapan Anda. Tapi bagaimana jika Anda tidak bisa berlatih dengan pentur asli setiap hari? Jangan khawatir! Ada banyak cara untuk meregangkan pita suara Anda!

1. Listen to yourself. Jika Anda tidak bisa mendengar kesalahan dalam pengucapan Anda, sangat sulit untuk memperbaikinya. Cobalah untuk merekam pengucapan Anda dan bandingkan dengan penutur asli.

2. Slow down! Banyak orang yang mempelajari bahasa Inggris mengatakan berbicara terlalu cepat bisa menjadi kebiasaan buruk. Latihlah hal-hal dasar setiap harinya. Mulai dengan bunyi sederhana, lalu berlanjut ke kata, akhirnya, kaitkanlah beberapa kata secara bersamaan.

3. Picture it... Tutup mata Anda dan pikirkan bagaimana untuk membuat suatu bunyi sebelum mengatakannya. Visualisasikan posisi mulut dan wajah Anda.

4. Get physical! Pengucapan adalah keterampilan fisik. Anda mengajarkan mulut Anda cara baru untuk bergerak menggunakan otot berbeda. Berfokuslah pada bunyi yang sulit setiap hari. Bermasalah dengan 'th'? Letakkan mulut dan lidah Anda diantara gigi (jangan menggigitnya) dan tiup udara keluar mulut Anda. Rasakan angin yang bergerak di atas lidah Anda.

5. Watch yourself. Berdirilah di depan kaca untuk melihat penempatan lidah, bibir, dan bentuk mulut Anda saat mengeluarkan suatu bunyi. Bandingkan apa yang Anda lihat dengan video pengucapan Englsihtown!

6. Copy the experts. Tidak ada yang dapat menggantikan belajar pengucapan dengan penutur asli. Jadi dengarkan! Dengarkan program radio berbahasa Inggris dan tontonlah televisi dan film berbahasa Inggris juga. (Jangan baca teksnya!). Ikuti apa yang Anda dengarkan - bahkan jika Anda belum mengerti apa yang mereka katakan.

7. Practice alone. Masalah pengucapan muncul karena kita takut melakukan kesalahan. Buatlah skenario - bertemu sesorang untuk pertama kalinya, memesan makanan di restoran, bertanya arah - lalu Anda peragakan dialog itu. Tidak usah malu!

8. Find a language buddy. Mendapatkan tanggapan dari orang lain sangat penting. Cari teman yang juga tertarik untuk meningkatkan bahasa Inggris mereka. Cobalah untuk bertukar rekaman pesan sehingga Anda bisa saling mendengar pengucapan masing-masing.

9. Be poetic. Pengucapan yang baik lebih dari sekedar menguasai bunyi individu. Anda juga harus memahami intonation (naik turun suara) dan stress (beberapa bunyi dan kata dalam suatu kalimat yang diucapkan dengan lebih keras dibanding yang lainnya). Bacalah puisi, pidatao dan nyanyikan lagu dengan lantang, berkonsentrasilah pada penekanan kata-kata dan intonasi.

10. Sing a song! Pelajari kata-kata dari lagu-lagu berbahasa Inggris yang populer dan ikutlah bernyanyi. Menyanyi akan membantu Anda bersantai dan sambil mengucapkan kata-kata tersebut, juga akan membantu irama dan intonasi Anda.

0 komentar:

Post a Comment