Tuesday 28 July 2015



            Perusahaan yang berhasil merupakan perusahaan yang mampu mengenali dan merespon berbagai kebutuhan dan tren yang belum menguntungkan.Kita membedakan antara fad, tren, da n megatren. Fad adalah sesuatu yang tidak dapat diperkirakan, berumur pendek, dan tanpa signifikansi sosial, ekonomi, dan politik. Perusahaan dapat memperoleh uang dari fad apabila dapat menggunakannya dengan benar, tetapi dibutuhkan keberuntungan dan penentuan waktu yang baik dibandingkan hal lainnya.
Tren adalah arah atau urutan kejadian yang mempunyai momentum dan durabilitas. Tren lebih mudah diperkirakan  dan berlangsung lebih lama dibanding dengan fad. Tren lebih mengarah ke masa depan dan memberikan banyak peluang. Megatren digambarkan sebagai perubahan besar dalam sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang lambat terbentuk, dan setelah terjadi, perubahan itu mempengaruhi sementara waktu – antara tujuh dan sepuluh tahun, atau bahkan lebih lama.
Mengidentifikasi Kekuatan Utama
            Dalam gambaran global yang berubah dengan cepat, perusahaan harus mengamati enam kekuatan utama: demografi, ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum. Pemasar harus memperhatikan interaksi mereka, karena hal ini akan menimbulkan peluang dan ancaman baru.
1.    Lingkungan Demografis
1.1. Pertumbuhan Populasi Dunia
Ledakan populasi menjadi sumber kekhawatiran utama. Disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi di negara negara dan komunitas kurang mampu. Di negara kurang berkembang menduduki sekitar 76% populasi dunia dan  tumbuh pada tingkat 2% per tahun, sementara negara maju tumbuh hanya 0,6% per tahun. di negara berkembang, tingkat kematian turun akibat pengobatan modern tetapi tingkat kelahiran tetap stabil.
Pertumbuhan populasi yang eksplosif member implikasi besar pada bisnis. Populasi yang sedang tumbuh tidak serta merta menggambarkan bertumbuhnya pasar kecuali pasar ini mempunyai daya beli yang cukup besar. Bagaimanapun perusahaan yang menganalisis pasar mereka secara seksama dapat menemukan peluang besar.
1.2. Bauran Usia Populasi

1.3. Pasar Etnis dan Pasar Lainnya
1.4. Kelompok Terdidik
Ada 5 kelompok pendidikan di semua masyarakat yaitu: kelompok tidak terdidik, tidak lulus SMU, lulus SMA, lulusan perguruan tinggi, dan tingkat professional. Jumlah masyarakat terdidik yang besar di Amerika Serikat menyebabkan tingginya permintaan akan buku berkualitas, majalah bermutu, dan paket perjalanan yang bagus, serta pasokan keahlian yang tinggi.
1.5. Pola Rumah Tangga
Rumah tangga tradisional terdiri dari suami, istri, dan anak-anak. Sedangkan saat ini semakin banyak orang yang bercerai dan selanjutnya memilih untuk tidak menikah, menunda perninkahan atau menikah tanpa ingin mempunyai anak. Masing-masing kelompok memiliki kumpulan kebutuhan dan kebiasaan pembelian yang berbeda. Pemasar harus semakin mempertimbangkan kebutuhan khusus rumah tangga non  tradisional, yang berkembang lebih pesat dibandingkan dengan rumah tangga tradisional..
1.6. Perubahan Geografis dalam Populasi
                        Pemasar juga harus mengamati tempat berkumpulnya konsumen. Hampir satu dari dua orang yang berusia lebih dari 5 tahun berpindah tempat tinggal setidaknya satu kali antara tahun 1995 dan 2000, menurut ringkasan census 2000. Analisis antarnegara ini menunjukan bahwa perpindahan ini menuju Negara bagian sunbelt dan jauh dari Midwest dan Northeast. Perpindahan ini telah mengurangi permintaan akan pakaian hangat dan peralatan pemanas rumah dan sebaliknya meningkatkan permintaan pendingin udara.
2.    Lingkungan Makro Utama Lainnya
     Kekuatan lingkungan makro utama lainnya sangat mempengaruhi peruntungan pemasar. Di sini kita meninjau perkembangan dalam lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan politik-hukum.
2.1. Lingkungan Ekonomi
            Daya beli yang tersedia dalam ekonomi tergantung pada tingkat penghasilan, harga, tabungan, utang, dan ketersediaan kredit saat ini. Pemasar harus memperhatikan tren yang mempengaruhi daya beli, karena tren tersebut mampu memberikan pengaruh kuat pada bisnis, terutama bagi perusahaan yang produknya ditujukan kepada konsumen berpenghasilan tinggi dan sensitive terhadap harga.
2.1.1.      Distribusi Pendapatan
      Ada 4 jenis struktur Negara industri: perekonomian subsisten seperti papua nugini, yang hanya mempunyai sedikit peluang bagi pemasar; perekonomian pengekspor bahan mentah seperti Republik demokrasi Kongo, dengan pasar yang baik untuk perlengkapan, peralatan, pasokan, dan barang mewah untukorang kaya; perekonomian industry baru seperti india, mesir, dan filiphina, dimana kelas kaya dan menengah baru sedang tumbuh meminta jenis barang baru; dan perekonomian industri seperti Negara-negara di eropa barat, yang merupakan pasar yang kayauntuk semua jenis barang.
      Pemasar sering membedakan Negara dengan menggunakan 5 pola distribusi pendapatan yang berbeda: pendapatan sangat rendah; hampir semuanya berpendapatan rendah; pendapatan sangat rendah yang sangat tinggi; pendapatan rendah, menengah, dan tinggi; dan hamper semua berpendapatan menengah.
2.1.2.      Tabungan, utang, dan Kredit
      Pengeluaran konsumen dipengaruhi oleh ketersediaan tabungan, utang, dan kredit. Konsumen di AS mempunyai rasio utang terhadap penghasilan yang tinggi, yang kemudian memperlambat pengeluaran untuk barang rumah tangga dan barang berharga tinggi. Kredit mudah tersedia AS tapi dengan suku bunga yang cukup tinggi khususnya bagi peminjam dengan penghasilan rendah.
2.2. Lingkungan Sosial Budaya
            Secara tidak sadar masyarakat menyerap suatu pandangan dunia yang mendefinisikan hubungan mereka bagi diri mereka sendiri, orang lain, organisasi, masyarakat, alam, dan alam semesta.
2.2.1.      Pandangan Tentang Diri Sendiri
      Sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an di AS para “pencari kesenangan” mencari kesenangan, perubahan, dan tempat pelarian. Orang lain mencari realisasi diri. Saat ini, beberapa orang menerapkan perilaku dan ambisi yang lebih konservatif.
2.2.2.      Pandangan Tentang Orang Lain
      Pada saat yang sama, mereka mencari “tipe hubungan mereka sendiri” yang serius dan bertahan lama serta menghindari orang asing. Tren ini memperkuat pertumbuhan pasar produk dan jasa dukungan sosial yang mempromosikan hubungan langsung antar manusia, seperti klub, kegiatan agam , dan lain sebagainya.
2.2.3.      Pandangan Tentang Organisasi
      Setelah gelombang penyusutan perusahaan dan skandal akuntansi korporat melanda, terjadilah penurunan loyalitas organisasi secara keseluruhan. Perusahaan harus menemukan cara baru untuk mengembangkan kembali kepercayaan konsumen dan karyawan. Mereka harus memastikan bahwa mereka merupakan warga korporat yang baik dan bahwa pesan konsumen mereka jujur.
2.2.4.      Pandangan Tentang Masyarakat
      Pola konsumsi masyarakat sering mencerminkan sikap sosialnya. Beberapa orang mempertahankan mesyarakat [pelestari], beberapa menjalankan [pembuat], beberapa memanfaatkan apa yang bisa mereka dapatkan darinya [pengambil], beberapa orang ingin mengubahnya [pengubah], beberapa mencari sesuatu secara lebih mendalam[pencari], dan lainnya ingin meninggalkannya[penghindar].
2.2.5.      Pandangan Tentang Alam
      Manusia menyadari keterbatasan dan kerapuhan alam. Bisnis merespon meningkatnya minat untuk hidup selaras dengan alam dan hidup di alam dengan memproduksi berbagai macam alat berkemah, mendaki gunung, berperahu, dan sebagainya.
2.2.6.      Pandangan Tentang Alam Semesta
      Sebagian besar warga AS menganut paham monoteis, meskipun keyakinan dan praktik beragamamereka melemah dari tahun ketahun. Gerakan penginjilan tertentu berusaha membawa masyarakat kembali ke agama yang terorganisasi.
Karakteristik budaya lain yang menarik minat pemasar adalah:
Ketangguhan Nilai Budaya Inti Yang Tinggi
            Keyakinan dan nilai inti diajarkan dari orang tua ke anak-anaknya dan diperkuat oleh institusi sosial utama-sekolah, gereja, bisnis, dan pemerintah. Keyakinan dan nilai sekunder lebih terbuka terhadap perubahan. Pemasar mempunyai peluang untuk mengubah nilai sekunder tetapi hanya memiliki sedikit kesempatan untuk mengubah nilai inti.
Keberadaan Subbudaya
            Terkadang perusahaan mendapatkan imbalan tak terduga dalam membidik subbudaya. Pemasar selalu menyukai para remaja karena mereka merupakan penentu tren masyarakat. Dengan demikian, apabila pemasar berhasil menarik remaja untuk menyukai peroduk mereka maka terbuka peluang besar bahwa mereka akan menjadi pelanggan dijenjang kehidupan yang akan datang.
2.3. Lingkungan Alam
            Kerusakan lingkungan alam menjadi masalah global yang paling utama. Konsumen sering menentang produk yang memiliki pengaruh buruk terhadap lingkungan. Environmentalisme korporat merupakan pengakuan akan pentingnya masalah lingkungan yang dihadapi oleh suatu perusahaan dan pengintegrasi masalah-masalah itu kedalam rencana strategis perusahaan. Pemasar yang mempraktikan paham lingkungan ini harus menyadari 4 tren utama di lingkunan alam, yakni:
2.3.1.      Kelangkaan Bahan Mentah
      Bahan mentah di bumi terdiri dari bahan yang tak terbatas, bahan yang terbatas tetapi dapat di perbarui, dan barang yang terbatas tetapi tidak dapat di perbarui. Sumberdaya yang terbatas tetapi tidak dapat diperbarui ini merupakan masalah yang sangat serius karena sumberdaya tersebut kian lama kian berkurang.
2.3.2.      Peningkatan Biaya Energi
      Salah satu sumber daya yang terbatas dan tidak dapat diperbarui menciptakan masalah serius bagi ekonomi dunia. Perusahaan pun harus mencari cara untuk menggunakan energy alternative lain.
2.3.3.      Peningkatan Tingkat Polusi
      Beberapa kegiatan industri menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan alam. Ada banyak pasar tercipta untuk menanggulangi nya seperti pusat daur ulang dan sistem penimbunan. Keberadaannya menimbulkan pencarian cara alternatif untuk memproduksi dan mengemas barang.
2.3.4.      Perubahan Peran Pemerintah
      Pemerintah mempunyai perhatian yang beragam terhadap usaha mempromosikan lingkungan bersih. Banyak Negara miskin hanya melakukan sedikit usaha melawan polusi. Sebagian besar karna mereka kekurangan dana atau kehendak politik.

Lingkungan Teknologi
Salah satu paling dramatis yang membentuk kehidupan manusia adalah teknologi. Inti kapitalisme pasar yang dinamis dan menoleransi penghancuran kreatif dari teknologi sebagai harga sebuah kemajuan.
Pemosisian nilai konsumen
     Merancang produk lingkungan yang mempunyai kinerja yang sama baiknya dengan (atau lebih baik dari) produk alternativean
     Mempromosikan dan menghantarkan nilai produk lingkungan yang diinginkan dan membidik segmen pasar konsumen yang relevan (seperti memasarkan manfaat kesehatan diantara konsumen yang sadar akan kesehatan)
     Memperluas daya tarik arus utama dengan mengikat (atau menambahkan) nilai yang diinginkan konsumen ke dalam produk lingkungan (seperti penentuan harga tetap untuk pelanggan energy terbarukan)
Kalibrasi pengetahuan konsumen
     Mendidik konsumen dengan pesan pemasaran  yang menghubungkan atribut produk lingkungan dengan nilai konsumen yang diinginkan (misalkan, “produk yang bebas pestisida lebih sehat”; “effisiensi energi menghemat uang “; energi matahari itu nyaman”).
     Menentukan kerangka atribut produk lingkungan sebagai “solusi” bagi kebutuhan konsumen (misalnya, “baterai yang dapat di isi ulang dapat menawarkan kinerja yang lebih lama”).
     Mencipatakan situs internet yang melibatkan dan mendidik tentang nilai produk lingkungan yang diinginkan konsumen ( Misalnya, situs web interaktif tide coldwater memungkinkan pengunjung menghitung kemungkinan penghematan uang tahunan meraka berdasarkan kebiasaan mencuci mereka, sumber utilitas ( minyak bumi atau listrik), dan lokasi kode pos.
Kredibilas klaim produk
     Menyatakan klaim produk lingkungan dan manfaat konsumen yang lebih spesifik, berarti, tanpa pretense, dan berkualitas (yaitu, dibandingkan dengan alternative pembanding atau kemungkinan scenario penggunaan).
     Mendapatkan pendukung produk atau sertifikasi ramah lingkungan dari pihak ketiga yang teperacaya, dan mendidik konsumen tentang arti di belakang dukungan dan sertifikasi ramah-lingkungan tersebut.
     Mendorong pewartaan konsumen melalui jaringan komunikasi social dan internet konsumen dengan informasi yang meyakinkan, menarik, dan/atau menghibur tentang produk lingkungan (misalnya, situs web “coldwater Challenge” milik Tide mencakup peta ameriak serikat sehingga pengunjung dapat melacak dan melihat pengaruh pribadi mereka menyebar ketika teman mereka meminta contoh gratis).
Pemasar harus mengamati empat tren teknologi berikut:
     Kecepatan perubahan semakin tinggi.
Banyak produk yang umum kita jumpai saat ini tidak tersedia 40 tahun yang lalu. Periset elektronik membangun chip yang lebih kecil untuk membuat mobil , rumah dan kantor kita saling terhubung dan lebih resonsif terhadap perubahan kondisi. Semakin banyak ide yang dikerjakan dan selang waktu antara kemunculan ide baru dan keberhasilan implementasi akan semakin menipis. Begitu juga waktu antara pengenalan dan produksi puncak.
     Peluang inovasi yang tak terbatas
Beberapa pekerjaan paling menarik saat ini terdapat di bidang bioteknologi, computer, mikroelektronik, telekomunikasi, robotic, dan bahan perancang. Proyek human genome berjanji untuk mendampingi biological century ketika pekerja bioteknologi menciptakan pengobatan medis baru, makanan baru, dan bahan baru. Periset berusaha menemukan vaksin aidsm alat kontrapsepsi yang aman seluruhnya, dan makanan yang tidak membuat utbuh menjadi gemuk. Mereka merancang  robot unruk memadamkan kebakaran, eksplorasi bawah air, dan pekerjaan rumah tangga.
     Anggapan R&D yang bervariasi.
Porsi pengeluaran R&D AS yang semakin besar dialokasikan untuk pengembangan R&D ketimbang untuk riset, hal ini meningkatkan kekhawatiran tentang apakah amerika  serikat dapat mempertahankan kepemimipinannya dalam ilmu pengetahuan dasar. Banyak perusahaan cukup puas untuk menginvestasikan uang mereka untuk meniru produk pesaing dan membiat berbagai perbaikan kecil dalam hal fitur dan gaya. Bahkan perusahaan riset dasar sperti dupont, Bell laboratories, dan Pfizer bergerak dengan hati hati, dan semakin banyak konsorsium (alih-alih perusahaan tunggal) yang mengarahkan riset mereka untuk membuat terobosan besar.
     Semakin banyaknya peraturan mengenai perubahan teknologi.
Pemerintah telah memperluat kekuasaan badan-badannya untuk menyelidiki dan melarang produk yang berpotensi tidak nyaman. Di AS, Federal Food and Drug administration harus menyetujui semua obat agar obat tersebut dapat dijual. Peraturan keselamatan dan kesehatan juga meningkat dalam bidang makanan, mobil, pakaian, peralatan listurk , dan konstruksi.
                        Lingkungan politik hokum
Lingkungan politik dan hukum terdiri dari badan hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan perorangan. Kadang-kadang hukum ini juga menciptakan  peluang baru bagi bisnis. Sebagai contoh  hukum yang mewajibkan daur ulang memberikan dorongan yang sangat besar bagi insustri daur ulang dan mendorong penciptaan lusinan perusahaan baru yang membuat produk baru dari bahan daur ulang. Dua tren utama dalam lingkungan politik-hukum adalah meningkatnya peraturan bisnis dan bertumbuhnya kelompok dengan kepentingan tertentu.
Peningkatan peraturan bisnis
Peraturan  bisni mempunyai emoat tujuan utama: melindungi perusahaan dari persaingan yang tidak sehat, melindungi konsumen dari praktik bisnis yang tidak jujur, melindungi kepentingan masyarakat dari perilaku bisnis yang tidak terkendali, dan mengenakan biaya social yang tercipta akibat proses produk pada bisnis. Meskipun setiap undang-undang  baru dapat mempunyai alas an yang rasional. Diharapkan seperti melemahkan inisiatif dan memperlamban pertumbuhan ekonomi.
Peraturan yang mempengaruhi bisnis terus meningkat sepanjang tahun. Kondisi eropa bertindak secara aktif dalam menetapkan kerangka kerja hukum baru yang mencakup perilaku kompetitif, standar produkm tanggung jawab hukum politik, dan transaksi komersial untuk 25 negara anggota Uni eropa. Amerika serikat mempunyai banyak pasal dalam kitab perundangannya  yang mencakup masalah-masalah seperti persaingan, keamanan dan tanggung jawab hukum produk, praktik perdagangan dan kredit yang jujur, serta pengemasan dan pelabelan.
Perusahaan umumnya menetapkan prosedur tinjauan hukum dan menyebarkan standar etika untuk memandu manajer pemasaran mereka, dan ketika semakin banyak bisnis terjadi di dunia maya, pemasar harus menetapkan parameter baru untuk menjalankan bisnis elektronik secara etis.
Pertumbuhan kelompok kepentingan Khusus
Komite tindakan etis (political action committee-PAC melobi pejabat pemerintah dan menkan eksekutif bisnis untuk member perhatian lebih kepada hak konsumen, hak wanita, hak warga Negara senior, hak minoritas, dan hak kaum homoseksual.
Banyak persuhaan telah membentuk departemen permasalahan public ( Public affair) untuk menghadapi kelompok dan masalah-masalah ini. Kekuatan penting yang mempengaruhi bisnis adalah gerakan konsumeris (consumerist movement)-suatu gerakan warga Negara dan pemerintah yang teroganisasi untuk memperkuat hak dan kekuatan pembeli dalam hubungannya dengan penjual. Konsumeris telah mengadvokasi dan memenangkan hak untuk mengetahui biaya bunga sebenarnya  dari suatu pinjaman, biaya per unit standar merek yang bersaing yang sebenarnya ( penentuan harga unit), bahan dasar dalam sebuah produk, kualitas nutrisi makanan, kesegaran produk, dan manfaat produk yang sebenarnya.
Dengan semakin banyaknya yang bersedia berukar informasi pribadi untuk produk yang sesua- pribadi (customized). Dari pesuahaan-selama perusahan-perusahaan itu dapat dipercaya-masalah privasi Akan terus menjadi tombol pans kebijakan public. Konsumen khawatir bahwa merka akan dirampok atau ditipu; bahwa informasi pribadi mereka akan digunakan untuk kerugian mereka; bahwa seseorang akan mencuri identitas meraka; bahwa mereka akan dibombardir dengan berbagai permohonan; dan bahwa anak-anak akan menjadi target. Perusahaan yang bijak memiliki departemen hubungan konsumen untuk membantu merumuskan kebijakan dan menyelesaikan serta merespons keluhan konsumen.
Jelas bahwa kehadiran undang-undang yang baru dan semakin banyaknya jumlah LSM akan memberikan lebih banyak batasan kepada pemasar. Pemasar harus menjelskan rencana mereka melalui departemen hukum, hubungan masyarakt, permasalahan public, dan departemen hubungan pelanggan perusahaan. Perusahaan asuransi secara langsung  atau tidak langsung mempengaruhi rancangan deteksi asap;kelompok ilmiah mempengaruhi rancangan produk semprotan. Intinya,  banyak transaksi pemasaran pribadi beralih ke wilayah public.
Lingkungan demografis
Kekuatan demografis utama yang diamati pemasar adalah populasi, karena masyarakat adalah pembentuk pasar. Pemasar sangat tertarik pada ukuran dan tingkat pertumbuhan populasi disuatu kota, wilayah dan Negara; distribusi usia dan bauran etnis; tingkat pendidikan; pola rumah tangga; serta karakteristik dan gerakan regional.
Pertumbuhan populasi dunia
Populasi dunia meningkatkan pertumbuhan eskplosif…………………………………………………….
Ledakan poulasi menjadi sumber kekhawatiran utama. Disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi dinegara Negara dan komunitas kurang mampu. Daerah daerah yang kurang berkembang di dunia kini menduduki sekitar 76% populasi dunia tumbuh pada tingkat 2%/tahun, sementara populasi di Negara Negara yang lebih maju tumbuh hanya 0,6% per tahun. Di Negara berkembang, tingkat kematina turun akibat pengobatan modern tetapi tingkat kelahiran tetap stabil.
Pertumbuhan populasi yang eksplosif member implikasi besar pada bisnis populasi yang sedang tumbuh tidak serta merta menggambarkan  bertumbuhnya pasar, kecuali pasar ini mempunyai daya beli yang cukup besar.
Bauran usia populasi
Populasi nasional mempunyai bauran usia yang beragam salah satu tempat bauran yang ekstrim terdapat di mexico sebuah Negara dengan populasi yang sangat muda dan pertumbuhan populasi yang cepat. Pada tingkat ekstrim lainnya, terdapat  jepang, salah satu Negara dengan populasi tertua di dunia. Susu popok peralatan sekolah dan mainan menjadi produk penting di meksiko dibandingkan di jepang. Secara umum, di dunia ini ada tren global menuju populasi yang menua.
Pemasar biasanya membagi populasi menjadi 6 kelompok usia :anak anak pra sekolah, anak anak usia sekolah, remaja, pemuda usia 20 sampai 40 tahun, dewasa paruh baya usia 40 sampai 65 tahun ke atas.
Beberapa pemasar ingin memfokuskan diri pada kohort(kelompok). Kohort adalah kelompok individu yang lahir sepanjang periode yang sama dan menjalani hidup pada masa masa yang sama.
Pasar etnis dan pasar lainnya
beberapa perusahaan makanan, pakaian, dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi mereka pada satu atau lebih kelompok etnis.tetapi pemasar harus berhati hati untuk tidak melakukan generalisasi secara berlebihan.
Lingkungan demografis
Kekuatan demografis utama yang diamati pemasar adalah populasi, karena masyarakat adalah pembentuk pasar. Pemasar sangat tertarik pada ukuran dan tingkat pertumbuhan populasi disuatu kota, wilayah dan Negara; distribusi usia dan bauran etnis; tingkat pendidikan; pola rumah tangga; serta karakteristik dan gerakan regional.
Pertumbuhan populasi dunia
Populasi dunia meningkatkan pertumbuhan eskplosif…………………………………………………….
Ledakan poulasi menjadi sumber kekhawatiran utama. Disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi dinegara Negara dan komunitas kurang mampu. Daerah daerah yang kurang berkembang di dunia kini menduduki sekitar 76% populasi dunia tumbuh pada tingkat 2%/tahun, sementara populasi di Negara Negara yang lebih maju tumbuh hanya 0,6% per tahun. Di Negara berkembang, tingkat kematina turun akibat pengobatan modern tetapi tingkat kelahiran tetap stabil.
Pertumbuhan populasi yang eksplosif member implikasi besar pada bisnis populasi yang sedang tumbuh tidak serta merta menggambarkan  bertumbuhnya pasar, kecuali pasar ini mempunyai daya beli yang cukup besar.
Bauran usia populasi
Populasi nasional mempunyai bauran usia yang beragam salah satu tempat bauran yang ekstrim terdapat di mexico sebuah Negara dengan populasi yang sangat muda dan pertumbuhan populasi yang cepat. Pada tingkat ekstrim lainnya, terdapat  jepang, salah satu Negara dengan populasi tertua di dunia. Susu popok peralatan sekolah dan mainan menjadi produk penting di meksiko dibandingkan di jepang. Secara umum, di dunia ini ada tren global menuju populasi yang menua.
Pemasar biasanya membagi populasi menjadi 6 kelompok usia :anak anak pra sekolah, anak anak usia sekolah, remaja, pemuda usia 20 sampai 40 tahun, dewasa paruh baya usia 40 sampai 65 tahun ke atas.
Beberapa pemasar ingin memfokuskan diri pada kohort(kelompok). Kohort adalah kelompok individu yang lahir sepanjang periode yang sama dan menjalani hidup pada masa masa yang sama.
Pasar etnis dan pasar lainnya
beberapa perusahaan makanan, pakaian, dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi mereka pada satu atau lebih kelompok etnis.tetapi pemasar harus berhati hati untuk tidak melakukan generalisasi secara berlebihan.

0 komentar:

Post a Comment