Perusahaan yang berhasil merupakan
perusahaan yang mampu mengenali dan merespon berbagai kebutuhan dan tren yang
belum menguntungkan.Kita membedakan antara fad,
tren, da n megatren. Fad adalah
sesuatu yang tidak dapat diperkirakan, berumur pendek, dan tanpa signifikansi
sosial, ekonomi, dan politik. Perusahaan dapat memperoleh uang dari fad apabila dapat menggunakannya dengan
benar, tetapi dibutuhkan keberuntungan dan penentuan waktu yang baik
dibandingkan hal lainnya.
Tren
adalah arah atau urutan kejadian yang mempunyai momentum dan durabilitas. Tren
lebih mudah diperkirakan dan berlangsung
lebih lama dibanding dengan fad. Tren
lebih mengarah ke masa depan dan memberikan banyak peluang. Megatren
digambarkan sebagai perubahan besar dalam sosial, ekonomi, politik, dan
teknologi yang lambat terbentuk, dan setelah terjadi, perubahan itu
mempengaruhi sementara waktu – antara tujuh dan sepuluh tahun, atau bahkan lebih
lama.
Mengidentifikasi Kekuatan Utama
Dalam
gambaran global yang berubah dengan cepat, perusahaan harus mengamati enam
kekuatan utama: demografi, ekonomi, sosial-budaya, alam, teknologi, dan
politik-hukum. Pemasar harus memperhatikan interaksi mereka, karena hal ini akan
menimbulkan peluang dan ancaman baru.
1.
Lingkungan
Demografis
1.1.
Pertumbuhan Populasi Dunia
Ledakan populasi menjadi sumber
kekhawatiran utama. Disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi di negara
negara dan komunitas kurang mampu. Di negara kurang berkembang menduduki
sekitar 76% populasi dunia dan tumbuh
pada tingkat 2% per tahun, sementara negara maju tumbuh hanya 0,6% per tahun.
di negara berkembang, tingkat kematian turun akibat pengobatan modern tetapi
tingkat kelahiran tetap stabil.
Pertumbuhan populasi yang eksplosif
member implikasi besar pada bisnis. Populasi yang sedang tumbuh tidak serta
merta menggambarkan bertumbuhnya pasar kecuali pasar ini mempunyai daya beli
yang cukup besar. Bagaimanapun perusahaan yang menganalisis pasar mereka secara
seksama dapat menemukan peluang besar.
1.2.
Bauran Usia Populasi
1.3.
Pasar Etnis dan Pasar Lainnya
1.4.
Kelompok Terdidik
Ada 5 kelompok
pendidikan di semua masyarakat yaitu: kelompok tidak terdidik, tidak lulus SMU,
lulus SMA, lulusan perguruan tinggi, dan tingkat professional. Jumlah
masyarakat terdidik yang besar di Amerika Serikat menyebabkan tingginya permintaan
akan buku berkualitas, majalah bermutu, dan paket perjalanan yang bagus, serta
pasokan keahlian yang tinggi.
1.5.
Pola Rumah Tangga
Rumah
tangga tradisional terdiri dari suami, istri, dan anak-anak. Sedangkan saat ini
semakin banyak orang yang bercerai dan selanjutnya memilih untuk tidak menikah,
menunda perninkahan atau menikah tanpa ingin mempunyai anak. Masing-masing
kelompok memiliki kumpulan kebutuhan dan kebiasaan pembelian yang berbeda.
Pemasar harus semakin mempertimbangkan kebutuhan khusus rumah tangga non tradisional, yang berkembang lebih pesat
dibandingkan dengan rumah tangga tradisional..
1.6.
Perubahan Geografis dalam Populasi
Pemasar juga harus
mengamati tempat berkumpulnya konsumen. Hampir satu dari dua orang yang berusia
lebih dari 5 tahun berpindah tempat tinggal setidaknya satu kali antara tahun
1995 dan 2000, menurut ringkasan census 2000. Analisis antarnegara ini
menunjukan bahwa perpindahan ini menuju Negara bagian sunbelt dan jauh dari
Midwest dan Northeast. Perpindahan ini telah mengurangi permintaan akan pakaian
hangat dan peralatan pemanas rumah dan sebaliknya meningkatkan permintaan
pendingin udara.
2. Lingkungan Makro Utama Lainnya
Kekuatan
lingkungan makro utama lainnya sangat mempengaruhi peruntungan pemasar. Di sini
kita meninjau perkembangan dalam lingkungan ekonomi, sosial-budaya, alam,
teknologi, dan politik-hukum.
2.1.
Lingkungan Ekonomi
Daya beli yang tersedia dalam
ekonomi tergantung pada tingkat penghasilan, harga, tabungan, utang, dan ketersediaan
kredit saat ini. Pemasar harus memperhatikan tren yang mempengaruhi daya beli,
karena tren tersebut mampu memberikan pengaruh kuat pada bisnis, terutama bagi
perusahaan yang produknya ditujukan kepada konsumen berpenghasilan tinggi dan
sensitive terhadap harga.
2.1.1. Distribusi Pendapatan
Ada 4 jenis struktur Negara industri:
perekonomian subsisten seperti papua nugini, yang hanya mempunyai sedikit
peluang bagi pemasar; perekonomian pengekspor bahan mentah seperti Republik
demokrasi Kongo, dengan pasar yang baik untuk perlengkapan, peralatan, pasokan,
dan barang mewah untukorang kaya; perekonomian industry baru seperti india,
mesir, dan filiphina, dimana kelas kaya dan menengah baru sedang tumbuh meminta
jenis barang baru; dan perekonomian industri seperti Negara-negara di eropa
barat, yang merupakan pasar yang kayauntuk semua jenis barang.
Pemasar sering membedakan Negara dengan
menggunakan 5 pola distribusi pendapatan yang berbeda: pendapatan sangat
rendah; hampir semuanya berpendapatan rendah; pendapatan sangat rendah yang
sangat tinggi; pendapatan rendah, menengah, dan tinggi; dan hamper semua berpendapatan
menengah.
2.1.2. Tabungan, utang, dan Kredit
Pengeluaran konsumen dipengaruhi oleh
ketersediaan tabungan, utang, dan kredit. Konsumen di AS mempunyai rasio utang
terhadap penghasilan yang tinggi, yang kemudian memperlambat pengeluaran untuk
barang rumah tangga dan barang berharga tinggi. Kredit mudah tersedia AS tapi
dengan suku bunga yang cukup tinggi khususnya bagi peminjam dengan penghasilan
rendah.
2.2. Lingkungan Sosial Budaya
Secara tidak sadar masyarakat
menyerap suatu pandangan dunia yang mendefinisikan hubungan mereka bagi diri
mereka sendiri, orang lain, organisasi, masyarakat, alam, dan alam semesta.
2.2.1. Pandangan Tentang Diri Sendiri
Sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an di AS
para “pencari kesenangan” mencari kesenangan, perubahan, dan tempat pelarian.
Orang lain mencari realisasi diri. Saat ini, beberapa orang menerapkan perilaku
dan ambisi yang lebih konservatif.
2.2.2. Pandangan Tentang Orang Lain
Pada saat yang sama, mereka mencari “tipe hubungan
mereka sendiri” yang serius dan bertahan lama serta menghindari orang asing.
Tren ini memperkuat pertumbuhan pasar produk dan jasa dukungan sosial yang
mempromosikan hubungan langsung antar manusia, seperti klub, kegiatan agam ,
dan lain sebagainya.
2.2.3. Pandangan Tentang Organisasi
Setelah gelombang penyusutan perusahaan
dan skandal akuntansi korporat melanda, terjadilah penurunan loyalitas
organisasi secara keseluruhan. Perusahaan harus menemukan cara baru untuk
mengembangkan kembali kepercayaan konsumen dan karyawan. Mereka harus
memastikan bahwa mereka merupakan warga korporat yang baik dan bahwa pesan konsumen
mereka jujur.
2.2.4. Pandangan Tentang Masyarakat
Pola konsumsi masyarakat sering
mencerminkan sikap sosialnya. Beberapa orang mempertahankan mesyarakat
[pelestari], beberapa menjalankan [pembuat], beberapa memanfaatkan apa yang
bisa mereka dapatkan darinya [pengambil], beberapa orang ingin mengubahnya
[pengubah], beberapa mencari sesuatu secara lebih mendalam[pencari], dan
lainnya ingin meninggalkannya[penghindar].
2.2.5. Pandangan Tentang Alam
Manusia menyadari keterbatasan dan
kerapuhan alam. Bisnis merespon meningkatnya minat untuk hidup selaras dengan
alam dan hidup di alam dengan memproduksi berbagai macam alat berkemah, mendaki
gunung, berperahu, dan sebagainya.
2.2.6. Pandangan Tentang Alam Semesta
Sebagian besar warga AS menganut paham monoteis, meskipun
keyakinan dan praktik beragamamereka melemah dari tahun ketahun. Gerakan
penginjilan tertentu berusaha membawa masyarakat kembali ke agama yang
terorganisasi.
Karakteristik
budaya lain yang menarik minat pemasar adalah:
Ketangguhan Nilai Budaya Inti Yang
Tinggi
Keyakinan
dan nilai inti diajarkan dari orang tua ke anak-anaknya dan diperkuat oleh
institusi sosial utama-sekolah, gereja, bisnis, dan pemerintah. Keyakinan dan
nilai sekunder lebih terbuka terhadap perubahan. Pemasar mempunyai peluang
untuk mengubah nilai sekunder tetapi hanya memiliki sedikit kesempatan untuk
mengubah nilai inti.
Keberadaan Subbudaya
Terkadang
perusahaan mendapatkan imbalan tak terduga dalam membidik subbudaya. Pemasar
selalu menyukai para remaja karena mereka merupakan penentu tren masyarakat.
Dengan demikian, apabila pemasar berhasil menarik remaja untuk menyukai peroduk
mereka maka terbuka peluang besar bahwa mereka akan menjadi pelanggan dijenjang
kehidupan yang akan datang.
2.3. Lingkungan Alam
Kerusakan
lingkungan alam menjadi masalah global yang paling utama. Konsumen sering
menentang produk yang memiliki pengaruh buruk terhadap lingkungan.
Environmentalisme korporat merupakan pengakuan akan pentingnya masalah
lingkungan yang dihadapi oleh suatu perusahaan dan pengintegrasi masalah-masalah
itu kedalam rencana strategis perusahaan. Pemasar yang mempraktikan paham
lingkungan ini harus menyadari 4 tren utama di lingkunan alam, yakni:
2.3.1. Kelangkaan Bahan Mentah
Bahan mentah di bumi terdiri dari bahan yang
tak terbatas, bahan yang terbatas tetapi dapat di perbarui, dan barang yang
terbatas tetapi tidak dapat di perbarui. Sumberdaya yang terbatas tetapi tidak
dapat diperbarui ini merupakan masalah yang sangat serius karena sumberdaya
tersebut kian lama kian berkurang.
2.3.2. Peningkatan Biaya Energi
Salah satu sumber daya yang terbatas dan
tidak dapat diperbarui menciptakan masalah serius bagi ekonomi dunia.
Perusahaan pun harus mencari cara untuk menggunakan energy alternative lain.
2.3.3. Peningkatan Tingkat Polusi
Beberapa kegiatan industri menyebabkan
kerusakan terhadap lingkungan alam. Ada banyak pasar tercipta untuk
menanggulangi nya seperti pusat daur ulang dan sistem penimbunan. Keberadaannya
menimbulkan pencarian cara alternatif untuk memproduksi dan mengemas barang.
2.3.4. Perubahan Peran Pemerintah
Pemerintah mempunyai perhatian yang
beragam terhadap usaha mempromosikan lingkungan bersih. Banyak Negara miskin
hanya melakukan sedikit usaha melawan polusi. Sebagian besar karna mereka
kekurangan dana atau kehendak politik.
Lingkungan
Teknologi
Salah satu
paling dramatis yang membentuk kehidupan manusia adalah teknologi. Inti
kapitalisme pasar yang dinamis dan menoleransi penghancuran kreatif dari
teknologi sebagai harga sebuah kemajuan.
Pemosisian nilai
konsumen
• Merancang produk lingkungan yang mempunyai
kinerja yang sama baiknya dengan (atau lebih baik dari) produk alternativean
• Mempromosikan dan menghantarkan nilai
produk lingkungan yang diinginkan dan membidik segmen pasar konsumen yang
relevan (seperti memasarkan manfaat kesehatan diantara konsumen yang sadar akan
kesehatan)
• Memperluas daya tarik arus utama dengan
mengikat (atau menambahkan) nilai yang diinginkan konsumen ke dalam produk
lingkungan (seperti penentuan harga tetap untuk pelanggan energy terbarukan)
Kalibrasi
pengetahuan konsumen
• Mendidik konsumen dengan pesan
pemasaran yang menghubungkan atribut
produk lingkungan dengan nilai konsumen yang diinginkan (misalkan, “produk yang
bebas pestisida lebih sehat”; “effisiensi energi menghemat uang “; energi
matahari itu nyaman”).
• Menentukan kerangka atribut produk
lingkungan sebagai “solusi” bagi kebutuhan konsumen (misalnya, “baterai yang
dapat di isi ulang dapat menawarkan kinerja yang lebih lama”).
• Mencipatakan situs internet yang melibatkan
dan mendidik tentang nilai produk lingkungan yang diinginkan konsumen (
Misalnya, situs web interaktif tide coldwater memungkinkan pengunjung
menghitung kemungkinan penghematan uang tahunan meraka berdasarkan kebiasaan
mencuci mereka, sumber utilitas ( minyak bumi atau listrik), dan lokasi kode
pos.
Kredibilas klaim
produk
• Menyatakan klaim produk lingkungan dan
manfaat konsumen yang lebih spesifik, berarti, tanpa pretense, dan berkualitas
(yaitu, dibandingkan dengan alternative pembanding atau kemungkinan scenario
penggunaan).
• Mendapatkan pendukung produk atau
sertifikasi ramah lingkungan dari pihak ketiga yang teperacaya, dan mendidik
konsumen tentang arti di belakang dukungan dan sertifikasi ramah-lingkungan
tersebut.
• Mendorong pewartaan konsumen melalui
jaringan komunikasi social dan internet konsumen dengan informasi yang
meyakinkan, menarik, dan/atau menghibur tentang produk lingkungan (misalnya,
situs web “coldwater Challenge” milik Tide mencakup peta ameriak serikat
sehingga pengunjung dapat melacak dan melihat pengaruh pribadi mereka menyebar
ketika teman mereka meminta contoh gratis).
Pemasar harus
mengamati empat tren teknologi berikut:
• Kecepatan perubahan semakin tinggi.
Banyak produk
yang umum kita jumpai saat ini tidak tersedia 40 tahun yang lalu. Periset
elektronik membangun chip yang lebih kecil untuk membuat mobil , rumah dan
kantor kita saling terhubung dan lebih resonsif terhadap perubahan kondisi.
Semakin banyak ide yang dikerjakan dan selang waktu antara kemunculan ide baru
dan keberhasilan implementasi akan semakin menipis. Begitu juga waktu antara
pengenalan dan produksi puncak.
• Peluang inovasi yang tak terbatas
Beberapa
pekerjaan paling menarik saat ini terdapat di bidang bioteknologi, computer,
mikroelektronik, telekomunikasi, robotic, dan bahan perancang. Proyek human
genome berjanji untuk mendampingi biological century ketika pekerja
bioteknologi menciptakan pengobatan medis baru, makanan baru, dan bahan baru.
Periset berusaha menemukan vaksin aidsm alat kontrapsepsi yang aman seluruhnya,
dan makanan yang tidak membuat utbuh menjadi gemuk. Mereka merancang robot unruk memadamkan kebakaran, eksplorasi
bawah air, dan pekerjaan rumah tangga.
• Anggapan R&D yang bervariasi.
Porsi
pengeluaran R&D AS yang semakin besar dialokasikan untuk pengembangan
R&D ketimbang untuk riset, hal ini meningkatkan kekhawatiran tentang apakah
amerika serikat dapat mempertahankan
kepemimipinannya dalam ilmu pengetahuan dasar. Banyak perusahaan cukup puas
untuk menginvestasikan uang mereka untuk meniru produk pesaing dan membiat
berbagai perbaikan kecil dalam hal fitur dan gaya. Bahkan perusahaan riset
dasar sperti dupont, Bell laboratories, dan Pfizer bergerak dengan hati hati,
dan semakin banyak konsorsium (alih-alih perusahaan tunggal) yang mengarahkan
riset mereka untuk membuat terobosan besar.
• Semakin banyaknya peraturan mengenai
perubahan teknologi.
Pemerintah telah
memperluat kekuasaan badan-badannya untuk menyelidiki dan melarang produk yang
berpotensi tidak nyaman. Di AS, Federal Food and Drug administration harus
menyetujui semua obat agar obat tersebut dapat dijual. Peraturan keselamatan
dan kesehatan juga meningkat dalam bidang makanan, mobil, pakaian, peralatan
listurk , dan konstruksi.
Lingkungan politik hokum
Lingkungan
politik dan hukum terdiri dari badan hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM
yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan perorangan.
Kadang-kadang hukum ini juga menciptakan
peluang baru bagi bisnis. Sebagai contoh
hukum yang mewajibkan daur ulang memberikan dorongan yang sangat besar
bagi insustri daur ulang dan mendorong penciptaan lusinan perusahaan baru yang
membuat produk baru dari bahan daur ulang. Dua tren utama dalam lingkungan
politik-hukum adalah meningkatnya peraturan bisnis dan bertumbuhnya kelompok
dengan kepentingan tertentu.
Peningkatan
peraturan bisnis
Peraturan bisni mempunyai emoat tujuan utama:
melindungi perusahaan dari persaingan yang tidak sehat, melindungi konsumen
dari praktik bisnis yang tidak jujur, melindungi kepentingan masyarakat dari
perilaku bisnis yang tidak terkendali, dan mengenakan biaya social yang
tercipta akibat proses produk pada bisnis. Meskipun setiap undang-undang baru dapat mempunyai alas an yang rasional.
Diharapkan seperti melemahkan inisiatif dan memperlamban pertumbuhan ekonomi.
Peraturan yang
mempengaruhi bisnis terus meningkat sepanjang tahun. Kondisi eropa bertindak
secara aktif dalam menetapkan kerangka kerja hukum baru yang mencakup perilaku
kompetitif, standar produkm tanggung jawab hukum politik, dan transaksi
komersial untuk 25 negara anggota Uni eropa. Amerika serikat mempunyai banyak
pasal dalam kitab perundangannya yang
mencakup masalah-masalah seperti persaingan, keamanan dan tanggung jawab hukum
produk, praktik perdagangan dan kredit yang jujur, serta pengemasan dan
pelabelan.
Perusahaan
umumnya menetapkan prosedur tinjauan hukum dan menyebarkan standar etika untuk
memandu manajer pemasaran mereka, dan ketika semakin banyak bisnis terjadi di
dunia maya, pemasar harus menetapkan parameter baru untuk menjalankan bisnis
elektronik secara etis.
Pertumbuhan
kelompok kepentingan Khusus
Komite tindakan
etis (political action committee-PAC melobi pejabat pemerintah dan menkan
eksekutif bisnis untuk member perhatian lebih kepada hak konsumen, hak wanita,
hak warga Negara senior, hak minoritas, dan hak kaum homoseksual.
Banyak persuhaan
telah membentuk departemen permasalahan public ( Public affair) untuk
menghadapi kelompok dan masalah-masalah ini. Kekuatan penting yang mempengaruhi
bisnis adalah gerakan konsumeris (consumerist movement)-suatu gerakan warga
Negara dan pemerintah yang teroganisasi untuk memperkuat hak dan kekuatan
pembeli dalam hubungannya dengan penjual. Konsumeris telah mengadvokasi dan
memenangkan hak untuk mengetahui biaya bunga sebenarnya dari suatu pinjaman, biaya per unit standar
merek yang bersaing yang sebenarnya ( penentuan harga unit), bahan dasar dalam
sebuah produk, kualitas nutrisi makanan, kesegaran produk, dan manfaat produk
yang sebenarnya.
Dengan semakin
banyaknya yang bersedia berukar informasi pribadi untuk produk yang sesua-
pribadi (customized). Dari pesuahaan-selama perusahan-perusahaan itu dapat
dipercaya-masalah privasi Akan terus menjadi tombol pans kebijakan public.
Konsumen khawatir bahwa merka akan dirampok atau ditipu; bahwa informasi
pribadi mereka akan digunakan untuk kerugian mereka; bahwa seseorang akan
mencuri identitas meraka; bahwa mereka akan dibombardir dengan berbagai
permohonan; dan bahwa anak-anak akan menjadi target. Perusahaan yang bijak
memiliki departemen hubungan konsumen untuk membantu merumuskan kebijakan dan
menyelesaikan serta merespons keluhan konsumen.
Jelas bahwa
kehadiran undang-undang yang baru dan semakin banyaknya jumlah LSM akan
memberikan lebih banyak batasan kepada pemasar. Pemasar harus menjelskan
rencana mereka melalui departemen hukum, hubungan masyarakt, permasalahan
public, dan departemen hubungan pelanggan perusahaan. Perusahaan asuransi
secara langsung atau tidak langsung
mempengaruhi rancangan deteksi asap;kelompok ilmiah mempengaruhi rancangan
produk semprotan. Intinya, banyak
transaksi pemasaran pribadi beralih ke wilayah public.
Lingkungan
demografis
Kekuatan
demografis utama yang diamati pemasar adalah populasi, karena masyarakat adalah
pembentuk pasar. Pemasar sangat tertarik pada ukuran dan tingkat pertumbuhan
populasi disuatu kota, wilayah dan Negara; distribusi usia dan bauran etnis;
tingkat pendidikan; pola rumah tangga; serta karakteristik dan gerakan
regional.
Pertumbuhan
populasi dunia
Populasi dunia
meningkatkan pertumbuhan eskplosif…………………………………………………….
Ledakan poulasi
menjadi sumber kekhawatiran utama. Disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi
dinegara Negara dan komunitas kurang mampu. Daerah daerah yang kurang
berkembang di dunia kini menduduki sekitar 76% populasi dunia tumbuh pada
tingkat 2%/tahun, sementara populasi di Negara Negara yang lebih maju tumbuh
hanya 0,6% per tahun. Di Negara berkembang, tingkat kematina turun akibat
pengobatan modern tetapi tingkat kelahiran tetap stabil.
Pertumbuhan
populasi yang eksplosif member implikasi besar pada bisnis populasi yang sedang
tumbuh tidak serta merta menggambarkan
bertumbuhnya pasar, kecuali pasar ini mempunyai daya beli yang cukup
besar.
Bauran usia
populasi
Populasi
nasional mempunyai bauran usia yang beragam salah satu tempat bauran yang
ekstrim terdapat di mexico sebuah Negara dengan populasi yang sangat muda dan
pertumbuhan populasi yang cepat. Pada tingkat ekstrim lainnya, terdapat jepang, salah satu Negara dengan populasi
tertua di dunia. Susu popok peralatan sekolah dan mainan menjadi produk penting
di meksiko dibandingkan di jepang. Secara umum, di dunia ini ada tren global menuju
populasi yang menua.
Pemasar biasanya
membagi populasi menjadi 6 kelompok usia :anak anak pra sekolah, anak anak usia
sekolah, remaja, pemuda usia 20 sampai 40 tahun, dewasa paruh baya usia 40
sampai 65 tahun ke atas.
Beberapa pemasar
ingin memfokuskan diri pada kohort(kelompok). Kohort adalah kelompok individu
yang lahir sepanjang periode yang sama dan menjalani hidup pada masa masa yang
sama.
Pasar etnis dan
pasar lainnya
beberapa
perusahaan makanan, pakaian, dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi
mereka pada satu atau lebih kelompok etnis.tetapi pemasar harus berhati hati
untuk tidak melakukan generalisasi secara berlebihan.
Lingkungan
demografis
Kekuatan
demografis utama yang diamati pemasar adalah populasi, karena masyarakat adalah
pembentuk pasar. Pemasar sangat tertarik pada ukuran dan tingkat pertumbuhan
populasi disuatu kota, wilayah dan Negara; distribusi usia dan bauran etnis;
tingkat pendidikan; pola rumah tangga; serta karakteristik dan gerakan
regional.
Pertumbuhan
populasi dunia
Populasi dunia
meningkatkan pertumbuhan eskplosif…………………………………………………….
Ledakan poulasi
menjadi sumber kekhawatiran utama. Disusul oleh pertumbuhan populasi tertinggi
dinegara Negara dan komunitas kurang mampu. Daerah daerah yang kurang
berkembang di dunia kini menduduki sekitar 76% populasi dunia tumbuh pada
tingkat 2%/tahun, sementara populasi di Negara Negara yang lebih maju tumbuh
hanya 0,6% per tahun. Di Negara berkembang, tingkat kematina turun akibat
pengobatan modern tetapi tingkat kelahiran tetap stabil.
Pertumbuhan
populasi yang eksplosif member implikasi besar pada bisnis populasi yang sedang
tumbuh tidak serta merta menggambarkan
bertumbuhnya pasar, kecuali pasar ini mempunyai daya beli yang cukup
besar.
Bauran usia
populasi
Populasi
nasional mempunyai bauran usia yang beragam salah satu tempat bauran yang
ekstrim terdapat di mexico sebuah Negara dengan populasi yang sangat muda dan
pertumbuhan populasi yang cepat. Pada tingkat ekstrim lainnya, terdapat jepang, salah satu Negara dengan populasi
tertua di dunia. Susu popok peralatan sekolah dan mainan menjadi produk penting
di meksiko dibandingkan di jepang. Secara umum, di dunia ini ada tren global
menuju populasi yang menua.
Pemasar biasanya
membagi populasi menjadi 6 kelompok usia :anak anak pra sekolah, anak anak usia
sekolah, remaja, pemuda usia 20 sampai 40 tahun, dewasa paruh baya usia 40
sampai 65 tahun ke atas.
Beberapa pemasar
ingin memfokuskan diri pada kohort(kelompok). Kohort adalah kelompok individu
yang lahir sepanjang periode yang sama dan menjalani hidup pada masa masa yang
sama.
Pasar etnis dan
pasar lainnya
beberapa perusahaan
makanan, pakaian, dan perabot telah mengarahkan produk dan promosi mereka pada
satu atau lebih kelompok etnis.tetapi pemasar harus berhati hati untuk tidak
melakukan generalisasi secara berlebihan.
0 komentar:
Post a Comment